Filled Under:

Mengapa harus berinvestasi

Mengapa harus berinvestasi

Investasi, kata yang paling sering didengungkan apabila kita bicara mengenai bagaimana menyimpan uang dengan baik dan "mengembangkannya". Sebenernya mengapa kita memerlukan investasi? dan sejak kapan kita arus berinvestasi?. 

Investasi dari pengertiannya merupakan komitemn saat ini atas uang atau sumber daya lain dengan harapan untuk mendapatkan keuntungan di masa depan. Misalnya, seseorang memilih berinvestasi di saham karena ia mengantisipasi kemungkinan pendapatan yang akan datang dari saham tersebut lebih besar di masa yang akan datang daripada ia hanya menaruh uangnya di tabungan saja. Waktu yang anda gunakan untuk membaca artikel inu juga termasuk investasi karena anda sedang melepaskan waktu senggang anda saat ini dengan harapan memperoleh sesuatu dari artikel ini. Walaupun kedua investasi ini berbeda dalam beberapa hal, keduanya mempunyai satu kunci yang menjadi inti dalam berinvestasi; anda mengorbankan sesuatu yang berharga saat ini, dengan mengharapkan keuntungan di masa yang akan datang.

Investasi dapat dilakukan dalam berbagai cara. Ada berbagai macam jenis investasi yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari mulai dari sektor riil dengan membuka usaha atau menjadi pebisnis dan juga di sektor non riil dengan cara membuka tabungan, deposito, membeli emas, saham, reksadana maupun obligasi. Tentunya pemilihan investasi tersebut disesuaikan dengan karakter kita masing-masing, karena tidak semua orang memiliki bakat untuk menjadi pebisnis atau tidak semua orang mengerti tentang saham maupun obligasi. Salah satu hal yang sering dinasehatkan oleh para penasehat keuangan adalah agar mendiversifikasikan investasi yang kita miliki agar tidak terfokus hanya pada satu jenis investasi saja, dengan melakukan diversifikasi diharapkan risiko yang ada akan lebih rendah sehingga faktor keamanan dana yang kita investasikan masih dapat dipertanggungjawabkan. Asuransi pun sebenarnya tergolong ke dalam investasi yang biasa disebut dengan unit link
Baca juga artikel tentang : Mengapa berinvestasi di Saham 

Investasi di pasar modal merupakan salah satu solusi yang sebenarnya banyak belum diketahui secara jelas oleh masyarakat di Indonesia padahal berinvestasi di pasar modal dapat menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi di bandingkan dengan investasi jenis lainnya misalnya tabungan atau deposito. Mau tahu kenapa? akan dijelaskan di artikel berikutnya. 

Artikel lainnya : 




0 komentar:

Posting Komentar