Pengertian Saham


Saham merupakan bagian kepemilikan dari suatu perusahaan. Saham sebagai salah satu alternatif media investasi memiliki potensi tingkat keuntungan dan kerugian yang lebih besar dibandingkan media investasi lainnya dalam jangka panjang. Agar lebih mudah memahami apa pengertian saham maka artikel ini akan dapat membantu anda.


Saham adalah surat berharga yang merupakan tanda kepemilikan seseorang atau badan terhadap suatu perusahaan. Pengertian saham ini artinya adalah surat berharga yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan yang berbentuk Perseroan Terbatas (PT) atau yang biasa disebut emiten. Saham menyatakan bahwa pemilik saham tersebut adalah juga pemilik sebagian dari perusahaan itu. Dengan demikian kalau seorang investor membeli saham, maka ia pun menjadi pemilik atau pemegang saham perusa­haan. Bentuk saham itu sendiri saat ini sudah berupa paperless sehingga tidak dipegang oleh investor namun tercatat dalam perusahaan. Saat ini di Indonesia investor saham akan memiliki Kartu Akses KSEI sebagai salah satu media untuk mengetahui saham apa saja yang investor tersebut miliki. 
Baca juga artikel : Interest Coverage Ratio
Jenis-jenis Saham

Perusahaan dapat menerbitkan dua jenis saham, yaitu saham biasa dan saham preferen.

1. Saham Biasa

Saham biasa merupakan pemilik sebenarnya dari perusahaan. Mereka menanggung risiko dan men­dapatkan keuntungan. Pada saat kondisi perusahaan jelek, mereka tidak menerima dividen. Dan sebaliknya, pada saat kondisi perusahaan baik, mereka dapat memperoleh dividen yang lebih besar bahkan saham bonus. Pemegang saham biasa ini memiliki hak suara dalam RUPS (rapat umum pemegang saham) dan ikut menentukan kebijakan perusahaan. Jika perusahaan dilikuidasi, pemegang saham biasa akan membagi sisa aset perusahaan setelah dikurangi bagian pemegang saham preferen.
Saham biasa sendiri dapat dibedakan menjadi beberapa seri lagi tergantung kepada perusahaan emiten yang mengeluarkan saham tersebut. 

Karakteristik Saham biasa adalah sebagai berikut:
  •  Hak suara pemegang saham, dapat memillih dewan komisaris
  •  Hak didahulukan, bila organisasi penerbit menerbitkan saham baru
  •  Tanggung jawab terbatas, pada jumlah yang diberikan saja

2. Saham Preferen

Selain saham biasa kita juga mengenal adanya saham preferen. Sesuai namanya, saham preferen ini mendapatkan hak istimewa dalam pembayaran dividen dibanding saham biasa.
Baca juga artikel : Price Earning Growth
Karakteristik Saham Preferen adalah sebagai berikut:
  • Memiliki berbagai tingkat, dapat diterbitkan dengan karakteristik yang berbeda
  • Tagihan terhadap aktiva dan pendapatan, memiliki prioritas lebih tinggi dari saham biasa dalam hal pembagian dividen
  • Dividen kumulatif, bila belum dibayarkan dari periode sebelumnya maka dapat dibayarkan pada periode berjalan dan lebih dahulu dari saham biasa
  • Konvertibilitas, dapat ditukar menjadi saham biasa, bila kesepakatan antara pemegang saham dan organisasi penerbit terbentuk  

Komentar