Biography dari Benjamin Graham



Benjamin Graham



Benjamin Graham
Lahir: London pada tahun 1894; meninggal 1976

Dikenal sebagai manajer investasi dan pendidik keuangan. Dia menulis, antara lain, dua buku klasik investasi yang tak tertandingi. Dia juga secara universal diakui sebagai bapak dari dua disiplin investasi mendasar - analisis keamanan suatu investasi dan nilai investasi.Dua bukunya yang terkenal yaitu , "Security Analysis" (1934), ditulis dengan David Dodd, dan "The Intelligent Investor" (1949) dianggap oleh banyak profesional investor sebagai buku terbaik yang pernah ditulis untuk investor saham. Dia juga terkenal karena menjadi guru dan mentor untuk Warren Buffet serta bagi investor terkenal lainnya.
Baca juga artikel : Biography John Bogle
Benjamin Graham datang ke Amerika Serikat sebagai imigran yang berumur satu tahun dari Inggris pada tahun 1895. Dia dibesarkan di Manhattan dan Brooklyn, New York. Ayahnya meninggal ketika ia berusia sembilan tahun sehingga ia bekerja keras demi keluarganya.Dia lulus dari Universitas Columbia pada tahun 1914 dan mulai bekerja segera untuk sebuah perusahaan Wall Street, Newburger, Henderson & Loeb, sebagai kurir. Pada tahun 1920, ia menjadi partner di perusahaan. Pada tahun 1926, Graham membentuk kemitraan investasi dengan Jerome Newman dan mulai mengajar di Columbia di bidang keuangan, sebuah pekerjaan yang ia lakukan hingga pensiun pada tahun 1956. Dikisahkan bahwa harta Graham turun drastis pada peristiwa crash saham yang terjadi pada tahun 1929, tetapi kemitraan investasinya masih bisa bertahan dan secara bertahap memperoleh kembali posisinya.
Ben Graham belajar beberapa pelajaran berharga dari pengalaman ini dan, pada tahun 1934, menulis sebuah buku teks yang berjudul "Security Analysis", yang secara luas dianggap sebagai buku klasik investasi yang menjadi pedoman bagi investor saham. Kemitraan yang dibentuk oleh Benjamin Graham berhasil mencetak tingkat pengembalian tahunan rata-rata sebesar 17% hingga ditutup pada tahun 1956.

Sulit untuk merangkum gaya investasi Benjamin Graham dalam beberapa kalimat atau paragraf. Pembaca sangat disarankan untuk merujuk kepada "The Intelligent Investor" untuk mendapatkan pemahaman yang lebih menyeluruh tentang prinsip-prinsip investasinya. Singkatnya, esensi dari investasi Graham adalah bahwa investasi apapun harus bernilai secara substansial lebih apa yang dibayarkan untuk itu. Dia percaya dengan analisis menyeluruh, yang kita sebut analisis fundamental. Dia mencari perusahaan dengan neraca yang kuat, atau perusahaan dengan utang yang sedikit, memiliki margin keuntungan di atas rata-rata, serta arus kas yang cukup. 
Dia menciptakan istilah "margin of safety" untuk menjelaskan batas aman harga suatu saham. Margin of safety pada investasi apapun adalah perbedaan antara harga beli dan nilai intrinsiknya. Semakin besar perbedaan ini (harga pembelian di bawah intrinsik), semakin baik saham tersebut untuk dikoleksi. Penggunaan rasio keuangan juga menjadi ciri khas dari gaya berinvestasi Benjamin Graham seperti melihat rasio PER, PBV.

Graham juga percaya bahwa valuasi pasar (harga saham) sering salah. Dia menggunakan perumpamaan yang terkenal dengan "Mr. Market" dimana harga saham akan berfluktuasi secara substansial sesuai dengan nilainya. Filosofinya adalah pasar menawarkan investor "kesempatan untuk membeli bijak saat harga turun tajam dan menjual dengan bijak ketika mereka naik tinggi."


Artikel lainnya : 

Komentar

Posting Komentar