Dua Jenis Investasi


Investasi dibagi menjadi



Kata "investasi" menjadi sesuatu yang sering dipergunakan baru-baru ini. Menyebutkan saham atau obligasi sebagai suatu investasi merupakan hal yang biasa, namun beberapa orang mengatakan "investasi" dalam hal pendidikan mereka, pembelian mobil bahkan membeli barang antik.

Investasi sesuai dengan definisi adalah sesuatu yang dibeli dengan uang dengan harapan menghasilkan pendapatan atau keuntungan. Investasi dapat dibagi menjadi 2 jenis yaitu : 
  • Investasi Kepemilikan 
Investasi kepemilikan merupakan hal yang secara umum dimiliki oleh seseorang. Investasi kepemilikan merupakan bentuk investasi yang paling volatil dan menguntungkan. Beberapa investasi yang tergolong sebagai investasi kepemilikan adalah : 

1. Saham 
Saham secara arti sebenarnya merupakan bukti kepemilikan seseorang terhadap suatu perusahaan. Harapan anda terhadap keuntungan direalisasikan atau tidak dengan cara bagaimana pasar menilai aset yang anda miliki tersebut (perusahaan yang sahamnya anda miliki). Jika anda memiliki saham di perusahaan Telkom dan Telkom berhasil membukukan rekor laba, investor lainnya akan ingin memiliki saham Telkom juga. Permintaan terhadap saham tersebut otomatis akan menaikkan harga saham sehingga meningkatkan laba anda apabila anda memilih untuk menjual saham tersebut.  

2. Bisnis
Uang yang anda tempatkan untuk memulai dan menjalankan suatu bisnis juga merupakan investasi. Enterprenuership merupakan salah satu bentuk investasi yang paling sulit dibuat karena memerlukan modal tidak hanya berupa uang. Konsekuensinya, bentuk investasi kepemilikan ini apabila berhasil akan menghasilkan tingkat pengembalian yang sangatlah besar. Menciptakan produk atau jasa dan menjualnya ke orang-orang yang menginginkannya, enterpreuner dapat membuat keuntungan yang sangat signifikan. Bill Gates salah satu contohnya merupakan orang terkaya di dunia melalui jalur bisnis. 


3. Properti 
Perumahan, apartemen atau kepemilikan lainnya yang anda beli untuk disewakan atau direnovasi kemudian dijual kembali merupakan bentuk investasi lainnya. Rumah yang anda huni merupakan bukan bentuk investasi apabila tidak menghasilkan profit atau cash flow bulanan.


4. Barang Berharga

Emas, lukisan dan benda-benda memoribilia dapat dikatakan sebagai salah satu bentuk investasi kepemilikan. 

  • Investasi Peminjaman
Maksud dari jenis investasi ini adalah menjadikan anda seolah-olah orang yang meminjamkan uang. Risikonya lebih kecil dibandingkan dengan investasi kepemilikan dan menghasilkan return yang juga lebih kecil. Jenin investasi ini dalam bentuk : 
 
1. Tabungan atau Deposito
Secara mendasar anda meminjamkan uang kepada bank yang akan meminjamkannya kepada orang lain dalam bentuk kredit. Return yang diperoleh bisa dikatakan sangat kecil dan risikonya nol karena sudah ada Lembaga Penjamin Simpanan di Indonesia yang menjamin dana hingga Rp 2 Milyar per nasabah. 
 
2. Obligasi 
Risiko dan return bervariasi tergantung jenis obligasinya namun secara keseluruhan menghasilkan risiko yang lebih rendah dan return yang juga lebih rendah dibandingkan dengan investasi kepemilikan. 
 
Menciptakan kekayaan melalui investasi memerlukan penelitian dan eveluasi berbagai jenis investasi yang ada, tidak secara sederhana hanya dengan mengetahui apa yang termasuk investasi dan apa yang tidak. Mengetahui perbedaan antara investasi dan pembelian biasa merupakan salah satu tahap dasar. 




0 komentar:

Posting Komentar