Mengetahui kualitas dari profit yang dihasilkan oleh suatu perusahaan

Laba
Sudah tidak diragukan lagi jika suatu saham dengan fundamental yang bagus (earning yang tinggi dan berkualitas) akan dapat mengalahkan kinerja pasar saham secara umum. Namun bagaimana cara mencari saham tersebut?. Berikut cara-cara yang dapat dilakukan : 

Kuantitas vs Kualitas

Earning quantity mendapatkan [erhatian bagi investor selama masa pelaporan keuangan. Investor fokus berapa yang sudah dihasilkan oleh perusahaan tersebut yang akan menghasilkan kenaikan harga apabila realisasinya melampaui estimasi atau consensus atau jatuh ketika earning yang dihasilkan dibawah proyeksi yang disusun oleh analis-analis.(untuk lebih jelasnya tentang consensus akan dibahas pada artikel lain) . 


Investor yang jeli akan mel,ihat secara detail mengenai kualitas dari earning yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut. Kualitas dibandingkan kuantitas dari earning yang dihasilkan akan menghasilkan kinerja masa mendatang yang lebih meyakinkan. 

Perusahaan dengan kualitas earning yang tinggi biasanya menghasilkan rasio Per yang berada diatas rata-rata. Mereka juga seringkali outperform pasar selama jangka waktu yang lumayan lama. 

Bagaimana cara mendefinisikan kualitas 

Bagaimana cara menentukan perusahaan dengan kualitas earning yang baik? Saat menganalisis laporan keuangan suatu perusahaan seorang investor haruslah meneliti 2 pertanyaan mudah berikut : Apakah earning yang dihasilkan dapat terulang kembali di masa mendatang?, dapat dikontrol? dan apakah bankable? 
 
Contoh kasus untuk repeatable earning adalah pendapatan yang dihasilkan dari pertumbuhan penjualan dan efisiensi biaya. Hindari earning yang dihasilkan dari penjualan asset, pilih earning yang dapat dikontrol (earning berdasarkan kurs valas akan lebih rentan dibandingkan kurs rupiah)


Kesimpulan 
Earning yang tinggi dan berkualitas merupakan pilihan bagi investor dalam memutuskan pembelian saham perusahaan mana. 

Komentar