Price Earning Growth



Growth




Rasio PEG atau Price to Earning Growth Ratio berhubungan erat dengan ratio PER. Rasio PEG merupakan penyempurnaan dari rasio PER dan memperhitungkan pertumbuhan pendapatan estimasinya terhadap nilai sekarang. Dengan membaningkan rasio PER dengan proyeksi atau estimasinya, pertumbuhan EPS, investor akan mendapatkan insight tentang tingkat kemahalan harga saham terhdap nilainya, seperti halnya yang diindikasikan oleh rasio PER.

Konsensus secara umum adalah jika rasio PEG menunjukkan nilai 1 artinya pasar secara benar menilai harga saham perusahaan tersebut. JIka nilai PEG kurang dari 1, artinya pertumbuhan EPS secara potensial dapat melewati nilai pasar saat ini. Dengan kata lain, harga saham tersebut undervalued. Begitu juga sebaliknya saham dengan nilai PEG melebihi 1 menunjukkan harga saham tersebut tergolong overvalued.

Rasio PER mewakili metode yang paling mudah dan secara luas digunkaan dalam menilai harga saham suatu perusahaan, namun memiliki kekurangan satu variabel penting. Asumsi dengan saham yang memiliki rasio PER tinggi adalah investor akan ingin membeli di harga tinggi karena mereka percaya bahwa saham tersebut memiliki potensi pertumbuhan yang tinggi. Rasio PEG membantu investor dalam menentukan tingkat reliabilitas dari asumsi pertumbuhan tersebut.

Price Earning Growth

Meskipun rasio PEG mengembangkan dari rasio PER, tetap saja masih ada kekuyrangan dari rasio ini. Permasalahannya adalah kesalahan dalam membaca dan menganalisis prediksi dari pendapatan yang akan diterima di masa depan seperti sangat optimis ketika pasar sedang bullish atau terlalu pesimis ketika pasar sedang bearish.

Pertanyaannya adalah dimana investor dapat menemukan data yang diperlukan untuk mengkalkulasi rasio PEG secara fokus khusus dalam hal pertumbuhan eps di masa depan. Estimasi pertumbuhan pendapatan biasanya terlihat dalam laporan riset yang dilakukan oleh perusahaan sekuritas dan analisis keuangan oleh suatu lembaga keuangan namun tetap saja diperlukan penelitian tersendiri untuk menemukannya. 
Diambil dari www.investopedia.com dengan perubahan 

Komentar