Filled Under:

Menjadi Seorang Analis Saham untuk Investasi Anda Sendiri

Analis Saham



Analisis Merupakan Suatu Proses 

Tidaklah penting jika anda seorang investor yang mencari growth  atau value; Langkah pertama dalam berpikir layaknya seorang analis adalah mengembangkan pikiran yang selalu ingin tahu. Anda harus mencari tahu apa yang harus dibeli atau dijual pada level harga berapa. Tujuan seorang analis adalah meneliti lebih dalam dengan cara menganalisis laporan keuangan dan informasi tersedia lainnya tentang perusahaan tersebut. Untuk memerika kebenaran data, seorang analis juga dapat mencari tahun supplier perusahaan, pelanggan dan pesaing perusahaan tersebut. Beberapa analis juga mengunjungi perusahaan dan berinteraksi dengan managemennya dalam hal meraih informasi kegiatan perusahaan. Hasil akhirnya seorang analis yang professional menghubungkan keseluruhan informasi tersebut dan mendapatkan gambaran besar tentang perusahaan tersebut. 

Sebelum melakukan berbagai jenis investasi apapun, anda harus melakukan do your own research. Akan lebih baik apabila melakukan analisis terhadap beberapa saham pada 1 jenis sektor yang sama terlebih dahulu sehingga diperoleh analisis perbandingan. Meskipun demikian halangan terbesar dalam melakukan research adalah waktu. Investor ritel yang memiliki banyak hal yang harus dikerjakan termasuk pekerjaan utamanya yang bukan di industri sekuritas tidak bisa fokus layaknya seorang analisis sekuritas yang professional. Namun, anda dapat memulai untuk menganalisis satu atau dua perusahaan di awal untuk menguji seberapa baik anda menganalisis. Hal ini akan melatih pemahaman dalam menganalisis, dengan makin banyaknya pengalaman dan waktu maka menganalisis suatu perusahaan akan menjadi lebih mudah. Btw pengalaman saya sendiri mulai berinvestasi di saham sejak Agustus 2013 dan fokus dalam menganalisis maka hasilnya akan jauh lebih worth it jika dibandingkan kita hanya ikut-ikutan saran dari seseorang atau media. 

Tempat yang Baik untuk memulai adalah di Industri yang ada sudah kenal baik 
 
Menganalisis laporan analisis yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan sekuritas merupakan start awal yang baik untuk belajar tentang analisis. Atau membaca di website khusus tentang analisis fundamental seperti parahita, teguh hidayat, long term, hilmawan kusumajaya dan website ini bisa membantu anda secara sekilas hal apa saja yang perlu diperhatikan ketika menganalisis suatu perusahaan.
Hal yang lebih jauh lagi, anda dapat melihat tentang earnings forecastsyang dikeluarkan oleh analis yang berbeda, yang akan menentukan rekomendasi buy atau sell . Analis yang berbeda akan menentukan target price yang berbeda untuk saham yang sama. Selalu lihat alasan dibalik keputusan analis tersebut. Apa pendapat anda terhadap saham tersebut dengan informasi yang sama? 

Apa yang Harus Dianalisis

Untuk meraih kesimpulan sendiri, anda harus memhami berbagai macam langkah yang diperlukan ketika menganalisis suatu saham. Beberapa analis mengikuti strategi top to down, memulai di suatu industri dan memilih saham pemenangnya, namun di lain pihak ada yang lebih memilih strategi pendekatan bottom up, memulai dengan perusahaan tertentu dan kemudian mempelajari outlook dari sektor tersebut. Anda dapat memilih pendekatan mana yang akan anda ambil, namun intinya adalah prosesnya yang tahapannya benar. Keseluruhan proses dalam menganalisis saham akan melibatkan tahapan-tahapan sebagai berikut : 

Analisis Keuangan Suatu Perusahaan

Analisis Industri

Di jaman teknologi informasi saat ini sangatlah mudah mencari data terkait suatu industri apalagi perusahaan terbuka yang go public . Laporan Tahunan dari perusahaan biasanya sudah memberikan overview yang cukup tentang kondisi industri tersebut, termasuk outlook dimasa depan. Laporan tahunan juga memberikan informasi tentang pesain di industri yang sama. Membaca secara simultan laporan tahunan dua atau tiga perusahaan akan memberikan gambaran besar tentang kondisi industri tersebut. Anda juga bisa berlangganan majalan atau Koran ataupun website yang berisikan informasi terbaru tentang kondisi perekonomian secara umum seperti ft.com, Morningstar, reuters dan sebagainya. 

Analisis Model Bisnis 

Fokus terhadap kekuatan dan kelemahan dari perusahaan tersebut. Akan ada perusahaan yang kuat di industri yang lemah begitu juga sebaliknya. Kekuatan suatu perusahaan dapat dilihat dari identitas merk yang unik atau kuat, produk yang dihasilkan, pelanggan dan supplier. Anda dapat mempelajari model bisnis perusahaan dari laporan tahunannya. 

Kekuatan Keuangan 

Memahami kekuatan keuangan suatu perusahaan merupakan langkah yang paling krusial dalam menganalisis suatu saham. Tanpa memahami keuangan, maka analisis tersebut tidak akan berjalan. Anda harus memahami neraca, laporan laba rugi dan laporan cash flow suatu perusahaan. 

Kualitas Manajemen 

Analis juga fokus dalam kualitas manajemen. Sudah sering dinyatakan bahwa tidak ada perusahaan yang baik atau jelek yang ada hanyalah manajemen yang baik atau buruk. Manajemenlah yang bertanggung jawab terhadap masa depan suatu perusahaan. Anda dapat menilai bagus tidaknya manajemen suatu perusahaan dengan melakukan riset melalui internet, di era teknologi informasi saat ini semuanya menjadi lebih mudah. 

Analisis Pertumbuhan 

Secara umum, harga saham akan mengikuti earningnya. Sehingga untuk mengetahui apakah harga saham naik atau turun di masa depan, maka haruslah kemungkinan earningnya di masa depan. Namun tidak ada cara singkat yang dapat memberikan informasi berapa future earning yang diharapkan. Analis membuat estimasinya sendiri dengan cara menganalisis kondisi di masa lalu dari pertumbuhan penjualan dan profit margin, serta trend profitabilitas pada industri tertentu. Secara mendasar apa yang terjadi di masa lalu berhubungan dengan apa yang kemungkinan di masa depan, namun tidak selalu seperti itu apabila ada kejadian luar biasa atau tidak terduga dalam hal makroekonomi misalnya atau seperti kejadian tahun ini tentang terpilihnya Donald Trump sebagai presiden AS yang benar-benar di luar perkiraan (mungkin artikelnya akan dibuat why Trump make everything change in stock exchange :D). Membuat perkiraan yang tepat tentang earning perusahaan di masa depan merupakan salah satu hal yang dapat dijadikan indikator dalam kemampuan analisis saham anda. 

Valuations

Setelah mengetahui future earning, tahap selanjutnya adalah mengetahui nilai dari perusahaan tersebut. Berapakah nilai yang wajar dari saham perusahaan? seorang analis wajib mencari tahu seberapa besar harga pasar saat ini dari saham tersebut jika dibandingkan dengan nilai perusahaan. Tidak ada istilah “nilai yang benar” dan analis yang berbeda menggunakan parameter yang berbeda. Investor value melihat nilai intrinsik sedangkan investor growth  melihat potensi pertumbuhan earning. Perusahaan yang memiliki rasio PER yang tinggi haruslah tumbuh lebih tinggi untuk menjustifikasi harga sahamnya saat ini. 

Target Harga 

Tahap akhir adalah target harga. Setelah mengetahui future earning yang diekspektasikan, anda dapat mengkalkulasi target harga dengan mengalikan Earning per Share dengan estimasi rasio P/E. Tujuan utama seorang investor adalah membuat profit . Tidaklah baik apabila menerima begitu saja apa yang dikatakan oleh seorang analisis saham begitu saja dan ingat untuk selalu melakukan Do Your Own Research.




3 komentar:

  1. Great article pak. Article ini juga bs memberi saya ide2 dalam melakukan analisa saham kedepannya, thanks.

    Ada 2 links yg ingin saya sharing disini, smoga bermanfaat buat pembaca lain.

    1. Situs idx.co.id
    Ini adalah gudang laporan finansial dan berita resmi yg di rilis oleh emiten-emiten yg ada di bei. Baik itu laporan keuangan, laporan tahunan, public expose maupun keterbukaan informasi2 resmi lainnya Oleh para emiten. Setiap analis hrs bookmark situs ini.

    2. duniaindustri.com
    Ini adalah situs yg khusus membahas berita dan prospek banyak industri, walaupun tdk semua industri di cover, namun cukup banyak dan bs dijadikan narasumber dlm analisa sektor kita. Layak di ikutin.

    Thanks,

    Alianto

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks atas masukannya pak alianto. Btw ada banyak situs indonesia yang bagus juga dalam pemahaman tentang analisis fundamental perusahaan seperti parahita.wordpress.com atau teguhhidayat.com dan website yg bapak buat juga brilian :D

      Hapus
    2. Dua atas panutan saya saat mulai investasi saham pak.

      Kalau mau tau list situs saham popular, bs liat postingan mingguan pak asep di syariah saham, coba google

      Hapus