Filled Under:

Analisis Kualitatif dalam Menilai Suatu Perusahaan

Analisis Kualitatif dalam menilai suatu perusahaan



Analisis saham fundamental memiliki scope yang sangat luas. Menilai suatu perusahaan tidak hanya melibatkan angka dan memprediksi cash flow saja namun juga melihat secara keseluruhan, lebih kearah kualitas dari perusahaan tersebut. Berikut penjelasan bagaimana cara menganalisis faktor kualititatif dalammemilih suatu saham
Manajemen
Tulang punggung dari perusahaan yang sukses adalah manajemen yang kuat. Orang yang berada di puncak perusahaan tersebut merupakan pembuat keputusan strategis dan akan secara krusial mempengaruhi nasib dari perusahaan tersebut. Lakukan penelitian dan temukan siapa yang berada dibalik perusahaan tersebut. Siapa yang menjabat sebagai CEO, CFO, COO. Pertanyaan seperti biasa yaitu who, where, when, how and why?. 

Anda juga harus mengetahui darimana manajemen ini berasal, khususnya latar belakang pendidikan dan pengalaman karir. Apakah dengan latar belakang yang dimiliki cocok dengan industri atau sektor dari perusahaan yang dipimpin.
Begitu juga dengan filosofi manajemennya, bagaiaman gaya manajemen dalam mengelola perusahaan, beebrapa ada yang lebih personable,  transparan dan fleksibel sedangkan ada yang lebih kaku, menghargai kebijakan dan menetapkan logis diatas keseluruhan dalam proses mengambil keputusan. Anda dapat lebih mengetahui gaya manajemen dengan cara melihat kebijakan seperti apa yang pernah diambil di masa lalu atau membaca laporan tahunan pada seksi manajemen. Contohnya adalah Jack Welch yang dikenal memimpin General Electric selama 20 tahun. Kepemimpinannya yang lama menunjukkan bahwa ia berhasil dan seorang manajer yang memberikan keuntungan bagi perusahaan, jika tidak tentu saja pemegang saham dan jajaran direksi tidak akan memberikan posisi tersebut sedemikian lamanya.  Jika suatu perusahaan mengalami kinerja yang buruk, salah satu tindakan yang diambil biasanya adalah restrukturisasi manajemen.
Memahami apa yang dilakukan oleh perusahaan dan bagaimana cara mereka mendapatkan uang
Salah satu faktor yang penting berikutnya adalah produk barang atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut. Seperti apakah model bisnis perusahaan tersebut?. Jika anda tidak yakin bagaimana perusahaan tersebut menghasilkan keuntungan bagaimana anda bisa yakin bahwa saham perusahaan tersebut akan memberikan keuntungan buat anda?
Industri/Kompetisi
Selain memiliki pemahaman tentang apa yang dilakukan oleh perusahaan, anda juga harus menganalisis karakteristik industri atau sektor perusahaan tersebut seperti potensi pertumbuhannya. Perusahaan mediocre di industri yang besar dapat menghasilkan return yang solid, namun perusahaan mediocre di industri yang kurang berkembang hanya akan menghasilkan loss apabila anda berinvestasi di saham perusahaan tersebut (di saham terdapat kecenderungan siklus sektor industri dimana ada tahun-tahun tertentu dimana sektor A lebih baik dibandingkan sektor B). Tentu saja harus juga diperhatikan tentang tahapan pertumbuhan perusahaan tersebut namun secara logika potensi pertumbuhan industri yang high tech akan lebih baik dibandingkan industri pada pembuata rel kereta api misalnya. Lihatlah permintaan atau demand di industri tersebut.
Pangsa pasar juga salah satu faktor penting. Microsoft misalnya yang mendominasi pasar operating system melalui aplikasi Windows nya. Siapapun yang mencoba memasuki pasar ini akan menemui hambatan besar karena Microsoft memiliki keuntungan economies of scale (akan lebih baik lagi untuk membaca tentang monopoli dan oligopoli). Hal ini belum menyatakan bahwa perusahaan yang berada di situasi pasar monopoli dipastikan akan selalu berada di puncak, namun berinvestasi di perusahaan yang berusaha melawan “raksasa” seperti Microsoft merupakan investasi yang berisiko tinggi.
Hambatan memasuki pasar juga memberikan suatu perusahaan keuntungan kualitatif yang signfiikan. Bandingkan, misalnya industri restoran dan industri farmasi. Semua orang dapat membuka restoran karena level skil dan modal yang diperlukan tidaklah begitu besar. Disisi lain industri farmasi  memiliki hambatan yang besar untuk dimasuki, modal yang sangat besar, saluran distribusi yang khusus, regulasi pemerintah , hak paten dan lainnya, Makin sulit kompetisi untuk memasuki industri tersebut makin besar keuntungan kualitatis bagia perusahaan eksisting.
Merk
Merk yang bernilai merefleksikan pengembangan produk dan pemasaran yang bertahun-tahun. Misalnya salah satu merk terkenal di dunia adalah Coca Cola. Banyak yang mengestimasi nilai pasar dari nama merk ini adalah milyaran dolar. Tidaklah mudah untuk membangun citra merk yang baik dan itu perlu perjuangan.
Keep it Simple
Tidak diperlukan gelar akademik yang tinggi untuk mengetahui perusahaan yang baik. Intinya adalah menilai suatu perusahaan dari sisi kualitatif dan menentuka apakah anda akan menginvestasikan di perusahaan tersebut sama pentingnya dengan melihat profit dan penjualannya. Strategi ini merupakan salah satu strategi yang plaing mudah, namun efektif dalam mengevaluasi potensi investasi anda.




0 komentar:

Posting Komentar