Filled Under:

Analisis Teknikal Saham

Analisis Teknikal




Metode yang digunakan untuk melakukan analisis saham dan mengambil keputusan dalam melakukan investasi secara garis besar dibagi menjadi dua yaitu analisis fundamental dan analisis teknikal.  Analisisi fundamental melibatkan analisa dari karakteristik suatu perusahaan untuk mengestimasi “nilainya”. Analisis teknikal sendiri mengambil pendekatan yang berbeda dimana analisis ini sama sekali tidak peduli dengan “nilai” dari perusahaan tersebut. Analisis teknikal hanya memikirkan tentang bagaimana pergerakan harga saham itu selanjutnya. 

Analisis teknikal hanya mempelajari permintaan dan penawaran di pasar dalam menentukan arah pasar selanjutnya atau tren di masa depan. Dengan kata lain analisis teknikal mencoba memahami emosi dari pasar dengan mempelajari pasar itu sendiri. Pengalaman saya sendiri sebaiknya tidak boleh tergantung kepada salah satu analisis saja dalam menentukan keputusan pembelian suatu saham. Kedua analisis baik itu analisis fundamental saham maupun analisis teknikal merupakan analisis yang penting dan berguna. Analisis fundamental digunakan ketika menjawab pertanyaan saham perusahaan manakah yang tergolong worth to buy dan analisis teknikal digunakan ketika menjawab pertanyaan when to buy?. 

Analisis teknikal sendiri memiliki banyak tools dalam melakukan analisisnya, namun dalam artikel ini hanya dibahas secara umum dan tools yang paling sering dan umum digunakan seperti moving average, Bollinger bands dan RSI. 

Asumsi Dasar
Analisis teknikal merupakan metode yang digunakan mengevaluasi saham dengan menganalisis statistik yang dihasilkan melalui aktivitas pasar seperti harga saham di masa lalu dan volume. Analisis teknikal tidak mengasumsikan nilai intrinsik suatu saham, murni hanya menggunakan chart dan pola dalam memberikan forecast harga di masa depan.
Secara garis besar analisis teknikal berdasarkan 3 asumsi berikut : 
1. Pasar mendiskon segalanya
Salah satu kritikan mengenai analisis teknikal adalah analisis ini hanya memperhatikan pergerakan harga suatu saham dan tidak mempedulikan dengan faktor fundamental suatu perusahaan. Meskipun demikian analisis teknikal mengasumsikan bahwa pada suatu waktu harga saham sudah mencerminkan segala hal yang sudah dan yang akan mempengaruhi perusahaan termasuk faktor fundamental. Analisis teknikal percaya bahwa fundamental perusahaan, faktor ekonomi dan psikologi pasar sudah tercerminkan di harga saham tersebut sehingga hal yang perlu dilakukan hanyalah meramalkan pergerakan harga saham yang secara teori teknikal lihat sebagai permintaan dan penawaran suatu saham di pasar. 

2. Harga bergerak dalam trend
Di analisis teknikal harga bergerak mengikuti suatu trend. Hal ini berarti bahwa apabila suatu trend sudah ditetapkan maka pergerakan harga di masa depan akan mengikuti arah yang sama dengan trend tersebut. Sebagian besar strategi trading teknikal berdasarkan asumsi ini. 

3. Sejarah cenderung akan terulang kembali
 Salah satu ide penting lainnya dalam analisis teknikal adalah sejarah cenderung akan terulang kembali, dalam hal ini pergerakan harga suatu saham. Kecenderungan repetitif dari pergerakan harga saham merupakan salah satu unsur atribut dalam psikologi pasar; dengan kata lain, partisipasi pasar cenderung akan bereaksi sama dalam waktu ke waktu. Analisis teknikal menggunakan pola chart untuk menganalisis pergerakan harga saham dan memhami suatu trend. 
Salah satu konsep penting dalam analisis teknikal adalah trend. Salah satu cara mudah melihat suatu trend adalah dengan memperhatikan adanya higher high atau lower lows seperti pada gambar contoh uptrend dibawah :
Trend dalam pergerakan harga saham

 

Terdapat 3 jenis trend yaitu uptrend, downtrend dan sideways. Selain trend yang perlu diketahui adalah lama dari trend tersebut apakah tergolong long term, medium term atau short term. Konsep channel juga dapat digunakan ketika mengetahui trend apa yang sedang terjadi. Seperti contoh pada gambar berikut :

Trend dan channeling


Setelah memahami konsep dari trend maka konsep penting berikutnya tentang analisis teknikal saham adalah konsep support dan resisten yang akan dibahas pada artikel berikutnya. 

Baca juga artikel lainnya : 


   




0 komentar:

Posting Komentar