Filled Under:
,

Strategi Saham The Foolish Four

Foolish Four



Foolish Four merupakan sebuah metode atau cara investasi yang sederhana dan cepat bagi para investor dalam menentukan pemilihan portofolio yang kemudian dikembangkan dan diperkenalkan oleh Michael O’Higgins (1994), dimana mengidentifikasi sepuluh saham Dow dengan hasil dividen tertinggi berdasarkan dividen yield. Pada tahun 1997 David Gadners mengumumkan sebuah kebijakan baru dalam penerapan foolish four yang dikenal dengan ssitem peringkat ganda dimana berdasarkan dividen yield dan harga yang hanya memiliki nilai terendah. 
 
Gardners (2009) mengatakan bahwa metode Foolish Four merupakan suatu alat strategi investasi bagi seorang investor dalam melakukan pilihan investasi portofolio dengan tujuan : 

a.   - Mengingatkan para investor tentang hambatan dalam mencari tahu informasi nilai saham atau aturan dalam emlakukan transaksi perdagangan saham dan
b.  - Menggambarkan solusi yang dirancang untuk membantu dalam melakukan pemilihan investasi

Ann Coleman (2000) menyatakan bahwa strategi foolish four merupakan sebuah metode atau cara yang sangat sederhana bagi seorang investor dalam melakukan pemilihan investasi dengan melakukan pemilihan diversifikasi portofolio dalam jangka pendek dengan pengembalian masa depan. Hasil riset yang dilakukan oleh Ann Coleman untuk pemilihan investasi portofolio tahun 1974 – 1999 bahwa para investor tidak bisa mengharapkan pembagian deviden yang tinggi berdasarkan hasil strategi foolish four yang merubah strategi dow, dimana strategi dow membeli dan memilih 10 saham dengan nilai deviden terbesar dari 30 jenis saham yang ada di Dow Jones.
David Gadner dan Tom Gadner (2000) berpendapat bahwa metode terbaik untuk lebih memahami strategi foolish four adalah dengan memahami pengembangan dari strategi pembentukan portofolio antara lain : 

a. Dogs of The Dow
Pendekatan Dogs of the Dow yaitu dengan memilih 10 saham yang ada dalam industri saham Dow Jones dengan hasil dividen tertinggi.

b. Five Dogs
The Five Dogs Strategy sebutan tambahan dari 10 Dogs of the Dow dan membeli portofolio yang sama berdasarkan deviden dan harga kemudian membuang lima saham dengan harga terendah sehingga menghasilkan 10 saham tertinggi. 

c. The Foolish Four
Mengartikan Five Dogs dalam dua dimensi, pertama dengan membuang lima saham yang memiliki deviden tertinggi dan yang kedua dengan menggandakan atas kedua harga saham terendah.
Untuk mengidentifikasi Foolish Four seorang investor harus menentukan dividen saat ini dan harga untuk masing-masing nilai saham. 

Salah satu penerapan strategi ini mungkin bisa dilihat di website berikut   

Artikel lainnya : 





0 komentar:

Posting Komentar